4 Cara Menangani Diare Pada Anak di Rumah

Penyakit diare memang tak pernah memandang usia. Diare bisa menjangkiti siapapun, baik orang usia dewasa maupun anak-anak. Jika penyakit ini membuat anak menderita, Anda tak perlu cemas. Diare pada anak ternyata bisa diatasi dengan cara yang mudah.

4 Cara Menangani Diare Pada Anak di Rumah

Mengatasi Diare yang Menyerang Anak

Anak yang terkena penyakit diare, intensitas buang air besarnya akan meningkat. Hal ini akan membuat anak kehabisan cairan dan terlihat lemas. Anda perlu melakukan penanganan tepat sesegera mungkin. Anda bisa menangani diare yang diderita anak dengan menerapkan metode di bawah ini.

 

1. Beri Asupan ASI pada Bayi Usia Kurang dari 6 Bulan

Bayi juga tak lepas dari serangan penyakit yang menyebabkan feses encer ini. Sehingga, banyak orang tua yang cemas saat bayinya terserang diare. Hal ini mengingat bahwa tubuh bayi masih sangat rentan. Meski begitu Anda tak perlu terburu-buru membawa bayi ke dokter saat menderita diare.

 

Ketika diare menyerang bayi, Anda bisa memberi pertolongan pertama di rumah. Caranya tidaklah sulit yakni dengan memberikan ASI pada bayi. Pemberian ASI pada bayi tentu saja sebagai langkah untuk menggantikan cairan tubuhnya yang hilang akibat diare. Dengan demikian, bayi tidak akan lemas karena cairan tubuhnya terisi kembali.

 

2. Minumkan Oralit untuk Bayi Usia di Atas 6 Bulan

Bayi diatas usia 6 bulan yang mengalami diare sudah bisa diberi minuman rehidrasi. Minuman rehidrasi yang dianjurkan tentu saja oralit. Anda bisa memberi bayi yang umurnya melebihi 6 bulan dengan minuman pereda diare ini.

 

3. Sajikan Makanan Bernutrisi untuk Balita

Balita atau anak yang sudah diberi MPASI ketika mengalami diare bisa dikasih asupan makanan dengan kadar serat tinggi. Anda bisa memberinya makanan dan minuman yang berkuah. Selain itu, jus buah segar juga bagus untuk meringankan diare pada anak balita maupun yang sudah diberi MPASI.

 

4. Tambahkan Air Minum untuk Anak-anak

Untuk anak yang sudah agak besar, Anda hanya perlu memberinya asupan air minum. Anda harus memberi air minum dengan kadar yang lebih banyak untuk mengganti cairannya yang terbuang. Selain itu, Anda perlu memberinya makanan yang mudah dicerna seperti nasi, rebusan daging, dan pisang.

 

Penanganan diare pada anak membutuhkan usaha dan kesabaran. Anda tak usah cemas berlebihan agar bisa merawat si kecil dengan baik. Lebih dari itu ada sejumlah cara mengatasi diare anak yang telah Orami Magazine rangkum dan bisa Anda jadikan referensi. Oleh karena itu Anda tak perlu terburu-buru memberi obat antidiare kepada anak. Dengan makanan yang tepat, diare anak bisa cepat diredakan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.